Skip to main content

Program Kalkulator Java Netbeans ||| Agus Sukmana

PEMBUATAN KALKULATOR MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS

Demi memenuhi syarat untuk mengikuti Praktikum Bahasa Pemrograman 2, saya disini membuat sebuah program kalkulator sederhana menggunakan NetBeans. Saya menggunakan Tool Visual dengan menggunkan JFrame, JPanel, dan Java Awt.

Artikel ini dapat tersusun sejauh ini berkat kerja sama dengan beberapa pihak termasuk Dosen Matakuliah bersangkutan yaitu Bpk. Dede Irawan, M.Kom.

Langsung saja kita ke penjelasan singkat serta gambaran hasil dari program yang telah di compile atau di run.

Download Script Program Java Kalkulator (Pdf)


PEMBUATAN PROGRAM

Fitur Tool Visual NetBeans
Palette adalah salah satu fitur yang bisa dengan mudah digunakan di NetBeans terutama bagi kita yang masih pemula. caranya adalah dengan menggunkan peringtan kita buat terlebih dahulu file atau package, kemudian klik kanan pada Java Project >> New >> JFrame atau JPanel, lalu buat nama class dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
Atribut Swing & AWT

Properties adalah sebuah fitur atau tool yang bisa digunakan untuk mengatur grafis yang kita inginkan seperti warna, font, background, foreground, border, dan sebagainya.
untuk masuk ke menu Properties sangat mudah, yaitu dengan Klik Kanan pada work area, lalu pilih menu properties.
Properties

Perancangan Program :

untuk perancanagan disini, saya tidak menggunakan perancnagan yang rumit, melainkan hanya ingin memberikan sedikit gambaran mengenai project yang kita buat seperti Desain, gambaran menggenai Code yang digunakan dan penjelasan mengenai code yang digunakan.

Dibawah ini merupakan program yang sekarang akan kita buat!!!
Tampilan awal

Teampilan Setelah di Isi


Penjelasan Code yang digunakan :

Deklarasi Variabel


fungsi dari script pada gambar diatas mendefinisikan variabel dan type data yang digunakan. type data yang digunakan adalah "double, string & integer". sedangkan variabel yang digunakan diantaranya jumlah, angka1 & angka2, dan variabel angka. mengapa hanya ada angka1 dan angka2?? hal tersebut karena metode yang digunakan adalah ketika kita menggunakan opersasi aritmatika penjumlahan, hanya membolehkan 2 operasi namun dengan opsi bisa melanjutkannya.
agar lebih mudah, kita juga harus mengubah nama variabel pada button yang kita buat, misalnya angka 1 variabelnya a1, a2, a3, dan seterusnya.

perintah diatas digunakan untuk memberikan nilai pada variabel-variabel yang diletakan pada angka atau tombol-tombol angka seperti 1,2,3,4, dst. caranya adalah dengan double click pada angka yang dituju, misalkan angka 1,.
angka +="#";
tampil.setText(angka);

Cat : - ganti tanda # dengan angka, misalkan 1 atau 2 atau 3, dst.
- variabel "tampil" merupakan variabel dari textfield yang berfungsi sebagai penampil nilai pada kalkulator.

Code tombol + & -

Code Tombol / & *
Fungsi dari script pada gambar diatas adalah sebagai deklarasi atau konversi variabel yang nantinya akan digunakan pada perintah Switch-Case. sebagai contoh saya ambil contoh penjumlahan.
        angka1=Double.parseDouble(angka);
        tampil.setText("+");
        angka="";
        pilih=1;
maksud dari pilih=1; merupakan fungsi yang akan digunakan untuk membuat perintah case. ketika kita memilih tanda +, maka yang dipanggil adalah penjumlahan yang dideskripsikan oleh case 1 yang berisi rumus penjumlahan. begitu juga pada script perkalian, pembagian, dan penguragan.

Swith Case (=)

script pada gambar diatas merupakan deklarasi dari rumus-rumus yang digunakan, scrip ini digunakan pada perintah "=" atau hasil.
berikut ini merupakan scrip yang diletakan pada tool button hasil(=).
switch (pilih){
            case 1 : angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1+angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            tampil.setText(angka);
            break;
Pada script diatas mendeskripsikan fungsi swithc case, fungsi ini merupakan sebuah fungsi yang berfungsi untuk membuat suatu kondisi, fungsi ini hampir sama dengan fungsi if else atau else if. 

Variabel "pilih" merupakan variabel yang digunakan untuk mengonversi variabel sebelumnya yang mempunyai nilai berupa rumus opersai perhitungan yang dideklarasikan dalam bentuk angka. pada pilihan case 1, berisi rumus penjumlahan, case 2 berisi rumus pengurangan, dan seterusnya. angka-angka tersebut merupakan konversi atau yang melambangkan fungsi dari button "+, -, /, dan *".
            case 2 : angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1-angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            tampil.setText(angka);
            break;
            case 3 : angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1*angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            tampil.setText(angka);
            break;
            case 4 : angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1/angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            tampil.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
        }

Dibawah ini merupakan hasil compile ketika program dijalankan dan menggunakan operasi hitung :

Hasil akhir dari programnya sebagai berikut :




test 4 /2=2



test 4 /2=2


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perancangan Database KRS Onlie || Agus Sukmana

Berikut ini merupakan contoh perancangan pembuatan sistem KRS online murni buatan saya sendiri. jadi mohon kritik dan sarannya dikolom komentar jika sekiranya ada kesalahan untuk perbaikan kedepannya. semoga bermanfaat.  KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, atas nikmat dan karunianya saya dapat menyusun makalah Sistem dan Teknologi Basis Data yang berjudul “Sistem Informasi KRS Online”.  Dengan rahmat dan hidayahnya juga kita dapat menyelesaikan tugas ini sesuai waktu yang ditetapkan.             Saya menyadari bahwa tugas laporan ini masih banyak kekurangannya, oleh sebab itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi memperbaiki tugas-tugas berikutnya. Saya menyadari bahwa laporan ini dapat terselesaikan berkat bantuan beberapa pihat, diantaranya : 1.       Ibu Aah Sumiah,M.Kom selaku dosen matakuliah Sistem dan Teknologi Basis Data yang telah membimbing terselsaikannya Makalah ini. 2.       Rekan-rekan yang telah membantu me

Tutorial Membuat Form & Database Kartu Keluarga di Java NetBeans (JFrame & JTabel)

LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN 2 MODUL 3 Disusun Oleh : AGUS SUKMANA 2015081007 TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KUNINGAN 2017 MODUL 3 PEMROGRAMAN DATABASE MySQL DENGAN JAVA 1. Pada tutorial kali ini, kita akan membuat beberapa form dari tabel kartu keluarga yang sebelumnya telah kita buat. Berikut hasil akhir dari program yang akan kita buat : Tampilan Awal ketika program di jalankan : Tampilan setelah kita memilih button satu per satu : Class yang harus kita buat, berikut databse kartu_keluarga yang tilah kita buat pada modul 2 : 2. Sekarang kita mulai membuat program, pertama buka Package baru, caranya New Project>>Java>>Java Application. 4. kemudian ubah nama dari project yang kita buat sesuai keinginan. 3. Langkat selanjutnya adalah membuat koneksi database, caranya klik kanan pada menu Libraries  >> Add Library... >>MySQL JDBC Driver>> Add .

Contoh Surat Lamaran Menjadi Asisten Laboratorium Komputer || Agus Sukmana

Berikut ini merupakan contoh surat lamaran untuk menjadi Asisten Laboratorium Komputer. untuk lebih jelasnya dapat dilihat langsung dibawah ini. Bandung, 05 September 2017 Hal      : Lamaran Asisten Laboratorium Kepada : Yth. Kepala Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer     di                 Universitas xxxxxxxxx Dengan hormat, Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan di majalah dinding fakultas ilmu komputer (FKOM) Univesitas xxxxxxxxxxxx bahwasannya telah dibuka recruitment asisten laboratorium komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas xxxxxxxxxxxx periode 2017/2018, dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini mengajukan diri untuk bergabung. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut : Nama               : Agus Sukmana Tempat & Tanggal lahir          : xxxxxxxxx, 15 Agustus 1996 Nim                 : 2015081007 Program Studi : Teknik Informatika Angkatan        : 2015 (dua ribu limabelas) Email               : xxxxxxxxxx@gmail.com No.